Main Article Content

Abstract

Era globalisasi mempengaruhi aktivitas investasi di Indonesia. Jumlah investor meningkat setiap tahun karena banyak orang semakin menyadari nilai investasi dan tingkat returnnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bias perilaku terhadap keputusan investasi pada generasi muda. Bias perilaku disebut sebagai bias terlalu percaya diri, efek disposisi, bias keterwakilan, bias penahan, dan bias menggiring. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling untuk memperoleh sampel dengan cara menyebarkan kuesioner secara online kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan jumlah responden sebanyak 140 orang. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa overconfidience bias dan herding bias berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Sedangkan disposition effect, representativeness bias, herding bias tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi.

Keywords

overconfiidience bias efek disposisi representativeness bias anchoring bias herding bias

Article Details

Author Biographies

Dewita Puspawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Accounting

Alfandi Rico Yohanda, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Accounting